SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNDANA DENGAN “TEMA INTERNALISASI NILAI-NILAI PERJUANGAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS TEKNOLOGI PADA GENERASI MILENIAL”

Dalam rangka mengenang hari hari besar perjalanan sejarah bangsa, civitas akademika program studi Pendidikan sejarah fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan universitas nusa cendana, mengadakan kegiatan seminar nasional. Kegiatan seminar nasional merupakan salah satu kegiatan yang menjadi agenda tetap program studi dan mendapat dukungan penuh dari fakultas dan juga dari pihak rektorat melalui dana PNBP Undana 2021.

Adapun kegiatan seminar nasional ini dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2021, bertempat di Hotel Neo Aston yang beralamat di jalan Eltari Kota Kupang. Kegiatan dilaksanakan pukul 08.30 sampai dengan pukul 13.00 WITA, dan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 525 orang terdiri dari mahasiswa prodi Pendidikan sejarah, dosen, dan guru-guru mata pelajaran sejarah se kota kupang serta alumni Pendidikan sejarah Undana.

Hadir sebagai pembicara atau narasumber yakni Dr. I Made Pageh, M.Hum (pembicara I), dan Dr. Deny Try Ardianto, S.Sn.,MA (Pembicara II). Sebagai pakar kesejarahan pada Universitas Pendidikan Ganesha, Dr. I Made Pageh, M.Hum membawakan materi tentang Internalisasi Nilai-nilai Perjuangan dalam Pembelajaran Sejarah, sedangkan Dr. Deny Try Ardianto, S.Sn.,MA mengangkat topik tentang Pembelajaran Sejarah berbasis teknologi karena beliau adalah pakar media dan teknologi pembelajaran di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Dr. I Madeh Pageh, M.Hum menekankan pada bagaimana nilai-nilai perjuangan para pahlawan penting diinternalisasikan dalam pembelajaran sejarah. Sesungguhnya peristiwa perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan memiliki nilai-nilai yang patut diketahui, dimaknai, dan diimplementasikan dalam kehidupan generasi z agar tidak kehilangan arah dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.
Dr. Deny Try Ardianto, S.Sn.,MA, menjelaskan tentang pentingnya penggunaan media teknologi dalam pembelajaran sejarah. Peserta didik yang merupakan Generasi Z tentu saja akan merasa jenuh jika penerapan pembelajaran masih bersifat konvensional. Oleh karena itu dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan kehidupan generasi Z yang tidak terpisahkan dari gadget, hendaknya guru terus berinovasi dengan menghasilkan media pembelajaran berbasis teknologi guna tercapainya tujuan pembelajaran itu sendiri dan tujuan Pendidikan nasional pada umumnya.

Dalam membuka kegiatan seminar nasional Pendidikan sejarah Fkip Undana, Ibu Fransina A. Ndoen, S.Pd.,M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah, menyampaikan bahwa kegiatan seminar nasional merupakan agenda tetap tahunan prodi dan pemilihan waktu dan topik yang diangkat mengacu pada momen sejarah bangsa serta disinkronkan dengan situasi factual kekinian sehingga diharapkan kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya menanamkan konsep teoritis tentang peristiwa sejarahnya, namun lebih dari itu bahwa kegiatan yang dilaksanakan bisa memberikan pemahaman sekaligus membangkitkan daya kreatifitas para calon guru dan guru mata pembelajaran sejarah dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai media dalam pembelajaran sejarah itu sendiri di era milenial.

Kegiatan seminar nasional Pendidikan sejarah berlangsung menarik dan peserta sangat antusias dalam mengikuti dan menyimak materi-materi yang dibawakan oleh kedua pembicara yang merupakan pakar kesejarahan dan pakar teknologi media pembelajaran karena menjawab kegalauan dalam proses pembelajaran di tengah pandemic yang mengharuskan pembelajaran secara daring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *