Ringkasan Kurikulum

 Ringkasan Kurikulum

 

Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah diselaraskan dengan program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar sehingga kini berjumlah 146 SKS. Seluruh MK yang terdaftar di e—learning telah disediakan bahan pembelajaran namun dalam pelaksanaan praktikum masih dilakukan secara daring [siaran langsung] karena kondisinya Covid—19. Pertemuan sebanyak 10 kali dalam semester yang kini masih berlangsung daring namun tidak mengurangi kualitas penyerapan materi meskipun mengalami kendala dalam urusan signal dan listrik.

Penguatan kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka telah memperkuat interelasi hubungan kerjasama dengan berbagai pihak sehingga menciptakan calon sarjana yang siap kerja, khususnya dibidang pendidikan sejarah, lingkungan dan kependudukan.

Profil/kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah

 

  • Jenis Profil Lulusan

Profil lulusan merupakan gambaran atau jawaban dari pertanyaan, “ Setelah lulus nanti, akan menjadi apa saja lulusan Jurusan Pendidikan Sejarah”. Berdasarkan analisis situasi, profil lulusan Jurusan Pendidikan Sejarah dijabarkan pada Tabel 1.

 

Tabel 1. Profil lulusan Jurusan Pendidikan Sejarah

No Profil Lulusan
1 Tenaga pendidik  SMP, SMA DAN SMK

 

2 Peneliti di bidang pendidikan, sejarah dan kebudayaan

 

3 Pengelola jasa Pariwisata

 

4 Histori enterprener dan Histori tekno enterpreneur

 

5 Penyuluh sejarah dan budaya

 

  • Kompetensi Lulusan

Untuk berperan dalam pencapaian profil lulusan tersebut, dibutuhkan sejumlah kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan Jurusan Pendidikan Sejarah yang meliputi tiga aspek kompetensi, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan profil lulusan Jurusan Pendidikan Sejarah dirumuskan kompetensi lulusan seperti Tabel 2.

Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan

No. Profil Lulusan Capaian Pembelajaran Lulusan
1 Tenaga pendidik dan kependidikan di SMP, SMA DAN SMK ·       Memiliki sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; moral, etika dan kepribadian yang baik; bangga dan cinta tanah air; bekerja sama; peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya; menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain; serta menjunjung tinggi penegakan hukum. (s1)

·      Menguasai penyusunan perangkat pembelajaran

·      Menguasai model-model pembelajaran

·      Menguasai strategi pembelajaran sejarah

·      Menguasai teknik  penilaian hasil pembelajaran

·      Menguasai secara mendalam bidang ilmu pengetahuan sejarah

·      Mampu merancang pembelajaran sejarah yang inovatif berpusat pada siswa

·      Mampu melaksanakan pembelajaran sejarah yang inovatif yang berpusat pada siswa

·      Menguasai prinsip-prinsip, teknik, dan keterampilan dan pengelolaan  yang terkait sejarah sebagai produk

·      Menguasai prinsip-prinsip, teknik, dan keterampilan yang terkait sejarah sebagai proses,

2 Peneliti di bidang pendidikan sejarah dan kebudayaan ·      Menguasai metode penelitian dan evaluasi pendidikan, serta penelitian

·      Memiliki pengetahuan dibidang pendidikan, sejarah dan kebudayaan

·      Menguasai metode penelitian sejarah secara mendalam

·      Menguasai metode penelitian pendidikan sejarah

3 Pengelola jasa Pariwisata Sejarah ·      Mampu mengelola jasa pariwisata sejarah dan budaya

·      Menguasai manjaemen pariwisata

·      Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik

 

4 Historio entrepreneur dan Historio tekno enterpreneur

 

 

·      Mampu mengelola historical culture entrepreneur

·      Mampu merancang (bisnis plan dan melaksanakan wirausaha)

·      Kreatif dan inovatif menciptakan peluang usaha

·      Mampu mengembangkan media sejarah berbasis teknologi informasi (histori tekno enterpreneur)

·      Mampu merancang dan membangun movie berbasis sejarah dan budaya

·      Mampu merancang dan membangun animasi 2D

·      Mampu membuat prototype desain grafis dengan teknik computer grafis

·      Mampu melakukan desain rumah adat dan benda-benda artefak

5 Penyiar sejarah dan budaya

 

·      Mampu melaksanakan penyiaran/presenter sejarah

·      Memiliki pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan

·      Mampu berkomunikasi dengan baik di forum ilmiah dan khusus melalui media audio visual