Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CPL)

Rumusan Singkat Rumusan CPL
A.    Sikap (S)

 

S1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

S2. Menjunjung tinggi nilai manusia dan menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.

S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

S4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.

S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

S7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

S8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.

S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian nya secara mandiri.

S10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

S11. Memiliki sikap integritas (etika dan moral) serta mampu berkompetisi dalam persaingan global.

 

 

B.     Pengetahuan (Level 6)

 

1)      Menguasai aspek ilmu-ilmu pendidikan, teori dan fakta sejarah serta merancang dan mengkomunikasikan pengetahuan secara kontekstual (Asosiasi).

2)      Menguasai konsep dan prinsip bidang ilmu sejarah yang meliputi dasar-dasar keilmuan sejarah, sejarah lokal, sejarah nasional, sejarah kawasan dan sejarah tematis.

3)      Menguasai pengetahuan dan konsep teoritis tentang ilmu sosial, dan budaya.

4)      Menguasai teori-teori pendidikan dan pembelajaran sejarah dengan mengikuti perkembangan IPTEKS untuk mengatasi berbagai persoalan yang berhubungan dengan pendidikan sejarah (Asosiasi).

5)      Menguasai model, metode, pendekatan, media, evaluasi pembelajaran di bidang sejarah maupun IPS untuk mendukung pembelajaran di sekolah menengah.

6)      Menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan.

7)      Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), dan pengelolaan kelas.

8)      Menguasai konsep dan manajemen pariwisata dan kewirausahaan.

 

C.     Ketrampilan Umum (Mengacu Pada SN-DIKTI)

 

1.    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

2.    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

3.    Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. Menyusun deskripsi saintifik.

4.    Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

5.    Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

6.    Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

7.    Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.

8.    Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

9.    Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

D.    Ketrampilan Khusus (Mengacu pada KKNI)

 

1.    Mampu mengkaji dan mengembangkan materi struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan sejarah dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS.

2.    Mampu mengkaji dan menerapkan penguasaan konsep – konsep sejarah dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan merefleksikan pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai standar kompetensi lulusan, standar isi, dan standar proses.

3.    Mampu mengkaji dan menggali nilai-nilai yang terkandung dalam perkembangan sejarah nasional secara kronologis melalui penerapan penerapan metodologi sejarah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS.

4.    Mampu menganalisis perkembangan sejarah kewilayahan atau kawasan secara kronologis melalui penerapan metodologi sejarah dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang berbasis IPTEKS.

5.    Mampu mengkaji nilai-nilai yang terkandung dalam perkembangan sejarah secara tematik melalui penerapan metodologi sejarah dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang berbasis IPTEKS.

6.    Melaksanakan tugas keahliannya sebagai sarjana pendidikan sejarah dengan penuh tanggung jawab (asosiasi).

7.    mampu mengembangkan dan mengintegrasikan ilmu- ilmu sosial dalam pembelajaran IPS dengan pendekatan tematik.

8.    Mampu mengkaji dan menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan ilmu-ilmu pendidikan, teori belajar, dan metode pembelajaran sejarah di sekolah menengah sesuai standar kompetensi lulusan, standar isi, dan standar proses dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS.

9.    Menguasai ketrampilan dalam mengkomunikasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kepada peserta didik.

10.  Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran Sejarah berbasis IPTEKS untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran Sejarah.

11.    Menyelenggarakan pembelajaran sejarah yang mendidik melalui pemahaman karakteristik peserta didik (asosiasi).

12.   Mampu mengelola pembelajaran sejarah di kelas dan di luar kelas serta perubahan kultur kelas untuk membangun dan mengembangkan proses dan hasil pembelajaran peserta didik yang memiliki multi kemampuan dan makna dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

13.     Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses sejarah maupun IPS sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu.

14.     Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data yang berkenaan dengan pendidikan sejarah dan mampu menentukan arah dan pemecahan masalah-masalah pendidikan sejarah berdasarkan pengolahan data dan informasi (asosiasi).